Budidaya Lele

Assalamu Alaikum WR.WB
Peternakan Dan Budidaya Iklan Lele merupakan salah satu usaha yang dapat ditekuni. Permintaannya selalu ada, karena ikan ini banyak diminati. Terutama untuk dijadikan lauk makanan. iklan lele memang cukup di minati di masyarkat kita.

Salah satu tempat budidaya ikan lele terletak di Desa Cindai Sungai Sipai Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan milik Pokdakan Anugerah. Letak kolam budidaya lele ini tidak jauh dari pusat kota Kabupaten Banjar, Martapura.

Disini terdapat sekitar 26 kolam terpal dan 2 kolam tanah dengan berbagai ukura, yang totalnya berisi puluhan ribu ekor ikan lele. Budidaya ikan lele di tempat ini dilakukan mulai dari pembenihan. Untuk proses pembenihan disini terdapat 10 ekor induk lele yang berat per ekornya bisa mencapai 4 kilogram.

Benih ikan lele yang dihasilkan, berukuran antara 5 sampai 15 centimeter telah dapat dipasarkan. Harganya berkisar 180 hingga 250 rupiah per ekor. Pembesaran ikan lele di tempat ini, tidak membutuhkan waktu lama, hanya sekitar 2 bulan.

Memelihara ikan lele tergolong mudah. Karena tidak memerlukan air yang banyak dan tidak memerlukan air yang selalu bersih. Selain itu, ikan lele juga tahan terhadap penyakit, asalkan makanannya cukup.

Ikan lele ukuran besar dijual antara 12 ribu hingga 13 ribu rupiah per kilogram. Setiap kilogramnya terdiri dari 5 – 7 ekor ikan. Usaha budidaya lele ini memiliki prospek yang baik. Keuntungan yang diperoleh setiap bulan paling sedikit 3 juta rupiah

Budidaya: Tehnik/ Cara Pembesaran Lele Di Kolam Terpal. Kolam terpal adalah kolam yg dindingnya menggunakan terpal. Keuntungannya menggunakan kolam terpal :

• Biaya lebih ringan dari pada kolam semen.
• Ikan lebih aman dari pemangsa liar.
• Dilengkapi pengatur volume air yg bermanfaat utk memudahkan pergantian air maupun panen.
• Lele tampak lebih bersih.
• Lebih jarang terkena penyakit.

A. Cara Pengisian Air di Kolam Terpal
• Sikat terpal utk menghilangkan zat kimia yang menempel pada terpal yang dapat menyebabkan kematian ikan lele (sangkuriang, masamo, phyton atau dumbo).
• Kemudian keringkan kolam kira-kira 1 hari, kemudian masukkan air dgn ketinggian 30 cm.
• Diamkan kolam selama satu minggu.
B. Cara Memasukkan Bibit Ikan Lele
Siapkan bibit ikan lele (sangkuriang, masamo, phyton atau dumbo) ukuran 3 – 5 cm sebanyak 2.000 ekor dgn ukuran kolam 3m x 4m x 1m.
• Bibit yg baru dibeli jangan langsung dimasukkan ke dlm kolam, tetapi masukkan dulu ke dlm ember, kemudian masukkan air dari kolam ke dlm ember sedikit demi sedikit. Utk penambahan air dijadikan tiga tahap agar bibit lele dpt beradaptasi dgn suhu air kolam, nah setelah itu bibit baru dpt dimasukkan ke dlm kolam.
• Sebaiknya bibit yang dimasukkan adl bibit yg sudah bisa memakan pallet butiransupaya mempermudah pemberian pakan & mengurangi terjadinya kematian pada bibit ikan lele (sangkuriang, masamo, phyton atau dumbo)..
C. Pembesaran Lele
Hal-hal yg perlu diperhatikan dlm pembesaran lele (sangkuriang, masamo, phyton atau dumbo) dikolam terpal :
• Hal pertama yg perlu diperhatikan dalam “Tehnik/ Cara Pembesaran Lele (sangkuriang, masamo, phyton atau dumbo) Di Kolam Terpal” adalah pergantian air & penambahan air. Bila air sudah kotor, maka pergantian air perlu segera dilakukan. Pergantian air dpt dilakukan 1 bulan 1 kali utk bulan pertama & kedua. Kemudian utk bulan ketiga pergantian air dilakukan dua minggu sekalikarena pada bulan ketiga populasi lele semakin padat & pemberian pakan semakin banyak. Cara mengganti air adalah dengan membuka saluran pengeluaran hingga air hampir kering. Kemudian disortir dgn memisahkan ikan lele (sangkuriang, masamo, phyton atau dumbo) berdasarkan besarnya lele, supaya ikan yg lebih besar tidak memangsa yg lebih kecil. Jika setelah air sudah diganti kemudian dlm beberapa hari timbul bau anyir & warnanya kecoklatan, maka perlu dibuatkan sirkulasi air. Cara menambahkan air di kolam terpal adalah tambahkan air hingga tinggi air kembali pada posisi normal. Penambahan air dilakukan dari tinggi air 30 cm hingga menjadi 80 cm dan dilakukan secara bertahap setiap bulannya, dlm sebulan air perlu ditambah sekitar 15 – 20 cm.
• Hal kedua yg perlu diperhatikan dalam “Tehnik/ Cara Pembesaran Lele (sangkuriang, masamo, phyton atau dumbo) Di Kolam Terpal” adalah pemberian pakan ikan lele (sangkuriang, masamo, phyton atau dumbo). Pakan ikan lele (sangkuriang, masamo, phyton atau dumbo) yg diberikan adalah pakan pabrikan & harus disesuaikan dgn besar mulut ikan. Utk kegiatan pembesaran ikan maka pemberian pakan awal adalah F999 (bibit yang yang sudah bisa memakan pallet butiran) sampai umur ikan 2 minggu, kemudian 781-2 sampai umur ikan 2 bulan & 781 sampai umur ikan lele siap di panen yaitu 3 bulan. Konfersi pakan 1 kg dpt menghasilkan 1 kg daging ikan. Untuk menekan biaya pakan maka dpt diberikan pakan tambahan ayam tiren, usus ayam & keong mas saat ikan berusia 1 bulan samapai 3 bulan, namun dianjurkan untuk merebusnya terlebih dahulu.
• Hal ketiga yg perlu diperhatikan dalam “Tehnik/ Cara Pembesaran Lele (sangkuriang, masamo, phyton atau dumbo) Di Kolam Terpal” adalah panen. Panen ikan lele dikolam terpal dpt dilakukan dgn cara panen sortir atau dgn panen sekaligus. Jika panen sortir maka harus memilih ikan yg sudah layak utk dikonsumsi & biasanya ukurannya untuk 1 kilonya berjumlah 5-10 ekor atau sesuai dgn keinginan pasar, kemudian ukuran yg kecil dipelihara kembali. Tetapi jika panennya sekaligus maka biasanya dgn menambah umur ikan lele (sangkuriang, masamo, phyton atau dumbo)

Budi Daya Lele kolam terpal
Peternakan Dan Budidaya Iklan Lele Peternakan Ikan Lele merupakan keluarga Catfish yang memiliki jenis yang sangat banyak, diantaranya Lele (sangkuriang, masamo, phyton atau dumbo), Lele Lokal, Lele Phyton, Lele Sangkuriang dan lain-lain. Pada tulisan terdahulu sudah dituliskan mengenai Budi Daya Ikan Guramih Pada Kolam Terpal, pada kesempatan ini akan dibahas BUDI DAYA IKAN LELE (SANGKURIANG, MASAMO, PHYTON ATAU DUMBO) pada Kolam terpal. Budi Daya Ikan Lele (sangkuriang, masamo, phyton atau dumbo) relatif lebih mudah dan sederhana jika dibandingkan dengan budi daya guramih. Pada dasarnya metode Budi Daya ini adalah solusi untuk beberapa kondisi antara lain lahan yang sempit, modal yang tidak terlalu besar dan solusi untuk daerah yang minim air. Lele (sangkuriang, masamo, phyton atau dumbo) merupakan ikan yang memiliki beberapa keistimewaan dan banyak diminati orang.

Peternakan Dan Budidaya Iklan Lele – Aneka masakan dari lele bisa diperoleh dengan mudah, rasa daging yang lezat dan gurih membuat bisnis budi daya lele menjadi peluang usaha yang cukup menjanjikan keuntungan. Selain itu Lele (sangkuriang, masamo, phyton atau dumbo) lebih mudah dipelihara dan cepat dalam pertumbuhannya. Dengan kondisi air yang “buruk” Lele (sangkuriang, masamo, phyton atau dumbo) bisa bertahan hidup dan berkembang dengan baik, dengan demikian solusi pemeliharaan lele (sangkuriang, masamo, phyton atau dumbo) dengan terpal menjadi alternatif yang perlu dicoba. Budi Daya Ikan Lele (sangkuriang, masamo, phyton atau dumbo) dengan Kolam terpal mendatangkan peluang usaha yang cukup menjanjikan dan tidak memerlukan modal usaha yang besar. Analisis budi daya Lele (sangkuriang, masamo, phyton atau dumbo) dapa dilakukan dalam berbagai model untuk konsumsi dan pembibitan.

Peternakan Dan Budidaya Iklan Lele – Peluang usaha Budi daya lele (sangkuriang, masamo, phyton atau dumbo) dengan kolam terpal dapat dilakukan dalam beberapa bentuk antara lain, tujuan pembibitan dan tujuan konsumsi. Budi daya Ikan Lele (sangkuriang, masamo, phyton atau dumbo) sebagai bibit merupakan upaya memenuhi kebutuhan bibit yang terus meningkat seiring dengan permintaan Ikan Lele (sangkuriang, masamo, phyton atau dumbo) Konsumsi. Budi Daya Ikan Lele (sangkuriang, masamo, phyton atau dumbo) Konsumsi merupakan upaya memelihara Ikan Lele (sangkuriang, masamo, phyton atau dumbo) sampai ukuran dan bobot tertentu. Biasanya dari berat 1 ons per ekor ikan lele (sangkuriang, masamo, phyton atau dumbo) sampai 1 kg per ekor. Ukuran Lele (sangkuriang, masamo, phyton atau dumbo) 1 Kg /ekor ke atas biasanya digunakan pada kolam pemancingan yang berisi Lele (sangkuriang, masamo, phyton atau dumbo).

Salah Satu Model Kolam Terpal Lele (sangkuriang, masamo, phyton atau dumbo)

Peternakan Dan Budidaya Iklan Lele –
Budi Daya Lele (sangkuriang, masamo, phyton atau dumbo) Untuk Pembibitan
Peluang Usaha Budi Daya Lele Untuk tujuan pembibitan bisa dilakukan antara lain:
– Pemijahan dan penetasan telur lele (sangkuriang, masamo, phyton atau dumbo), setelah menetas bisa dijual kepada peternak lain untuk dibesarkan atau dipelihara lagi sampai besar. Karena bibit lele (sangkuriang, masamo, phyton atau dumbo) baru menetas sudah bisa dijual, sehingga merupakan peluang usaha bagi yang memilih menekuni bidang ini. Jika lahan yang tersedia sempit solusi ini bisa menjadi alternatif. Modal untuk usaha ini hanya tempat dan indukan lele (sangkuriang, masamo, phyton atau dumbo). Bibit Lele (sangkuriang, masamo, phyton atau dumbo) baru menetas biasanya dihargai berdasarkan perkiraan jumlah anakan Lele (sangkuriang, masamo, phyton atau dumbo), yang ditentukan berdasarkan bobot induk dan jumlah induk Lele (sangkuriang, masamo, phyton atau dumbo).
– Penyediaan Bibit Ukuran 2-3 cm, dalam kurun waktu satu bulan setelah menetas bibit lele (sangkuriang, masamo, phyton atau dumbo) telah mencapai ukuran 2-3 cm dan siap untuk dijual ke pasaran. Pembesaran benih lele dari menetas hingga ukuran ini idealnya ditempatkan pada kolam lumpur atau sawah, sehingga memerlukan lahan yang relatif luas. Meski di kolam terpal tetap bisa dilakukan tetapi tidak bisa dalam jumlah yang besar, meski demikian peluang usaha tetap terbuka. Pembesaran Lele (sangkuriang, masamo, phyton atau dumbo) pada bak atau kolam terpal pada ukuran ini memerlukan makanan tambahan berupa pelet buatan pabrik.
– Penyediaan Bibit ukuran 5-7 cm, pada ukuran 5-7 cm benih lele (sangkuriang, masamo, phyton atau dumbo) siap dijual sebagai bibit yang mendatangkan peluang usaha. Biasanya ukuran ini dipelihara oleh peternak sampai ukuran layak konsumsi.

Pemeliharaan Lele (sangkuriang, masamo, phyton atau dumbo) Untuk Konsumsi
Lele (sangkuriang, masamo, phyton atau dumbo) untuk keperluan konsumsi biasanya dipelihara mulai dari ukuran 5-7 cm atau lebih besar, untuk hasil panen cepat bisa dilakukan dalam waktu 2 bulan dengan pemberian makanan yang ekstra dan optimal. Peluang usaha budi daya lele (sangkuriang, masamo, phyton atau dumbo) untuk konsumsi ini relatif lebih mudah karena ukuran lele yang besar lebih tahan terhadap penyakit, dan tingkat hidup lebih tinggi. Untuk mendapatkan ukuran lele (sangkuriang, masamo, phyton atau dumbo) yang lebih besar memerlukan waktu 3 sampai 4 bulan.
Persiapan Pembuatan Kolam Terpal
Persiapan untuk budi daya lele (sangkuriang, masamo, phyton atau dumbo) dengan kolam terpal meliputi persiapan lahan kolam , persiapan material terpal ,dan persiapan perangkat pendukung. Lahan yang perlu disediakan disesuaikan dengan keadaan dan jumlah lele yang akan dipelihara. Untuk Pembesaran sampai tingkat konsumsi bisa digunakan lahan dengan ukuran 2 x 1x 0.6 meter, yang bisa diisi dengan 100 ekor lele (sangkuriang, masamo, phyton atau dumbo) ukuran 5-7 cm. Model pembuatan kolam bisa dengan menggali tanah kemudian diberi terpal atau dengan membuat rangka dari kayu yang kemudian diberi terpal. Cara pertama lebih membuat terpal tahan lebih lama.

Pemeliharaan Lele (sangkuriang, masamo, phyton atau dumbo)
Pertama kali kolam terpal diisi dengan air yang tidak terlalu dalam terlebh dahulu, untuk lele (sangkuriang, masamo, phyton atau dumbo) ukuran 5-7 cm bisa diisi air 40 cm terlebih dahulu, agar ikan tidak terlalu capek naik dan turun dasar kolam untuk mengambil oksigen, seiring dengan bertambahnya usia dan ukuran kedalaman air ditambah. Perlu disediakan pula rumpon atau semacam perlindungan untuk lele. Karena lele merupakan ikan yang senang bersembunyi di daerah yang tertutup.
Pemberian pakan dilakukan dengan pemberian pelet sehari dua kali, lebih bagus lagi lebih dari dua kali tetapi dalam jumlah yang lebih sedikit. Jika di lingkungan tersedia pakan alami seperti Bekicot, kerang, keong emas, rayap dan lain-lain, bisa diberikan makanan alami tersebut. Makanan alami selain bisa menghemat pengeluaran juga memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga pertumbuhan lele (sangkuriang, masamo, phyton atau dumbo) lebih cepat. Selain itu ada beberapa teknologi yang bisa dipakai untuk mempercepat pertumbuhan ikan lele dan ikan lainnya.
Meski Lele (sangkuriang, masamo, phyton atau dumbo) tahan terhadap kondisi air yang buruk ada baiknya perlu diganti air sekitar 10-30% setiap minggu, agar kolam tidak terlalu kotor dan berbau. Penyakit pada ikan lele mudah menyerang pada air yang kotor. Pada usia satu bulan atau jika diperlukan perlu dilakukan seleksi dan pemisahan lele yang memiliki ukuran yang berbeda. Biasanya lele mengalami pertumbuhan yang tidak sama, sehingga jika tidak dipisahkan lele dengan ukuran kecil akan kalah bersaing dalam berebut makanan. Selain itu pisahkan jika ada ikan yang terindikasi terserang penyakit agar tidak menular.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s