Kuning Telur Ayam Bisa Dijadikan Pakan Larva Lele dan Ikan lain

Sepertinya orang sudah lupa dengan yang satu ini, sehingga selalu menggunakan cacing untuk pakan larva lele. Atau bisa juga karena memang tidak tahu. Padahal, dulu, yaitu sekitar tahun 1980-an, para ahli perikanan suka menyarankan agar memberi makan larva ikan, termasuk lele dengan kuning telur.
Karena struktur kuning telur ayam atau bebek memiliki kesamaan dengan kuning telur atau makanan cadangan ikan. Jadi tidak ada masalah atau tidak berdampak negatif untuk kehidupannya.
Minggu lalu, saya melakukan kembali. Bukan hanya sekedar mencoba efektifitas dari kuning telur, tetapi untuk mengurangi ketergantungan pada cacing sutra. Karena di beberapa daerah, hewan ini sulit diperoleh, apalagi pada musim hujan. Kalang kabut juga jadinya. Selanjutnya, kalau selalu menggantungkan pada cacing sutra, bisa-bisa larva puasa. Dampaknya, larva jadi kurus, bahkan bisa mati. Selain itu, harga cacing sutra cukup malah dan salah dalam penampunyannya, cacing sutra bida mati dan mubazir.
Dalam percobaan tersebut, telur hasil pemijahan alami dibiarkan menetas. Setelah menetas dibiarkan dahulu selama dua hingga makanan cadangannya habis, atau umur lima hari dari telur. Barulah diberi kuning telur. Namun sebelumnya, telur ayam direbus dahulu hingga matang atau hingga kuningnya keras. Telur yang sudah dingin diambil kuningnya saja, lalu diletakan dalam kain halus sebagai penyaring. Seliter air segera disiapkan, lalu kuning telur tersebut dihancurkan dan masukan ke alat semprot, langsung diberikan.
Pemberian kuning dilakukan dua kali sehari, yaitu pagi hari, sekitar pukul 07.00 dan sore hari, sekitar pukul 18.00. Satu kolam yang berukuran 10 m2, dengan 20.000 ekor cukup dengan sebelah kuning telur setiap kali pemberian. Jadi untuk empat kolam cukup dengan dua butir saja. Cara pemberiannya harus merata ke seluruh permukaan air kolam. Karena itu, alat semprotnya harus yang bagus. Begitulah setiap hari, pagi dan sore. Hingga hari ketujuh, Alhamdulillah, kondisi lava tetap sehat. Rencananya akan dilakukan hingga 2 minggu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s